FFD DEMPLOT TANAMAN CABE VARIETAS TROPIKA DI BP3K KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Kamis, 17 November 2016 | 2725 Kali
FFD DEMPLOT TANAMAN CABE VARIETAS TROPIKA DI BP3K KECAMATAN KEDUNGBANTENG  KABUPATEN BANYUMAS

FFD DEMPLOT TANAMAN CABE VARIETAS TROPIKA DI BP3K KECAMATAN KEDUNGBANTENG  KABUPATEN BANYUMAS

 

Demplot merupakan salah satu metode penyuluhan  ( Demplot ) yang bertujuan untuk memperkenalkan keunggulan  cara  dan hasil suatu inovasi baru kepada masyarakat petani. Kegiatan Demplot Cabe Tropika  yang dilaksanakan di BP3K Kecamatan  Kedungbanteng  Kabupaten Banyumas  oleh kelompok Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.  Ini merupakan  salah satu wujud kegiatan pembelajaran bagi penyuluh maupun petani dalam meningkatkan kapasitas Balai Penyuluhan Kecamatan (BP3K)  sebagai Posko Pelaksana Pembangunan Pertanian.

         Adapun pelaksanaan  Kegiatan Demplot pada lahan BP3K Kecamatan Kedungbanteng dengan luas  1.000 M2, yang didanai dengan Dana Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2016. Pelaksanaan  dimulai bulan April s.d  Desember 2016 selesai,  namun pelaksanaan kegiatan Demplot Cabe Merah Varitas Tropika  dilaksanakan  pada bulan Juli  sampai dengan  panen  pada bulan September 2016.

        Acara panen perdana  tersebut dirangkai dengan  Kegiatan  Farmer’s  Field  Day  (Hari  Temu  Lapangan Petani)  dan ini merupakan  salah  satu  metode pemberdayaan petani  melalui  pertemuan  antara  para  petani peneliti  dan  penyuluh  untuk  saling  tukar-menukar informasi  tentang  teknologi  pertanian  yang diterapkan  dan  umpan  balik  dari  petani.  Kegiatan ini  dapat  dilaksanakan  pada  saat  panen  dan  atau setiap  tahapan  proses  budidaya  untuk  menyampai kan  pesan  terkait  dengan  teknologi  yang diterapkan, khususnya yang berkaitan dengan upaya peningkatan  produksi  dan  produktivitas  7  (tujuh komoditas  pangan  strategi  (padi,  jagung,  kedelai aneka cabai, bawang merah dan daging sapi). Pada Acara FFD ,  dalam acara tersebut dihadiri  antara lain  Perwakilan Pelaku Utama se-Kecamatan Kedungbanteng  dari 14 desa , Penyuluh Pertanian PNS dan THL TB PP , Penyuluh Swadaya , Jabatan Kelompok Fungsional Bapaeluh dan KP serta Kepala Bapeluh dan KP Kabupaten Banyumas.

         Koordinator lapangan pelaksana kegiatan ini adalah Ibu Ninik Suryani , SST. melaporkan bahwa inovasi yang diperkenalkan meliputi komponen teknologi budidaya CABE , yaitu : pengolahan lahan sempurna; pemakaian mulsa HP; pemupukan berimbang (organik dan an organik) ; pengendalian OPT  dengan prinsip PHT serta penanganan panen dan pasca panen dengan tepat, Rakitan teknologi rekomendasi ini berasal dari berbagai sumber termasuk pengalaman petani praktisi yang berhasil.

         Panen Perdana secara simbolis dilakukan oleh Bapak Kepala Bapeluh dan KP Kabupaten Banyumas ( Ir. Wisnu Hermawanto, MP) , dilanjutkan Kasubid  ( Basuki, AMd ) ,  Jabatan Fungsional dan Penyuluh Sadaya serta Pelaku Utama .

Penulis  :  IMAM SUTIKNO,STP –PP Madya  ( Admin Bapeluh dan KP Kabupaten Banyumas )

Related Posts

Font
11 03 2015 08:28:07

Komentar